Friday, July 12, 2013

(FOTO) KERUSUHAN & KEBAKARAN LAPAS TANJUNG GUSTA MEDAN, DARI AIR MATI HINGGA PENGHAPUSAN PP 99/2012

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Penyebab kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta di Medan, Sumatera Utara(FOTO) KERUSUHAN & KEBAKARAN LAPAS TANJUNG GUSTA MEDAN, DARI AIR MATI HINGGA PENGHAPUSAN PP 99/2012. Kerusuhan dan akhirnya berakibat kebakaran melanda LP Tanjung Gusta di Medan, pada Kamis (11/7) petang hingga Jumat (12/7) pagi. Kerusuhan ini menyebabkan beberapa napi melarikan diri. Kerusuhan ini juga memakan korban jiwa. Lihat juga RUGI RP 5,5 TRILIUN, PERTAMINA AKAN NAIKKAN SECARA BERTAHAP HARGA LPG 12 KG SETELAH LEBARAN

Dua petugas Lapas dan tiga napi tewas dalam kerusuhan ini. Petugas yang tewas adalah Kasi Registrasi LP Tanjung Gusta Bona Situngkir dan stafnya, Richardo Naibaho. Jenazah mereka dievakuasi oleh pasukan TNI dan Polri pagi tadi.

Kerusuhan semula dipicu oleh matinya air sejak pagi akibat padamnya listrik PLN. Lalu bertambah dengan tuntutan penghapusan PP 99 yang mengetatkan pemotongan hukuman (remisi) bagi napi korupsi, HAM, narkoba, terorisme dan kejahatan transnasional.

PP 99/2012 mengatur remisi bagi terpidana korupsi yang biasa didapatkan di hari raya atau hari kemerdekaan diberikan dengan catatan yaitu bersedia menjadi justice collabolarator dan membayar uang pengganti sesuai hukuman yang dijatuhkan. Pengetatan remisi juga berlaku bagi napi kasus terorisme, illegal logging, HAM, narkoba dan transnasional.

Menurut Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Sutarman, 200 orang napi di Lapas Tanjung Gusta Medan. 22 dari 200 napi yang kabur itu, diduga terkait kasus terorisme.

Di antara mereka merupakan pelaku perampokan atau fai di Bank CIMB Niaga dan kasus di Polsek Hamparan Perak.

Berdasarkan data yang dihimpun, berikut ini adalah 22 teroris tersebut.
1. Pamriyanto alias Suryo Putra
2. Zumirin alias Sobirin
3. Anton Sujarwo alias Supriyadi
4. Marwan alias Nanong
5. Abdul Ghani Siregar
6. Pautan alias Robi
7. Fadli Sadama
8. M. Chair
9. Agus Sunyoto
10. Jajah Miharja Fadila
11. Beben Khairul Rizal
12. Nibras
13. Suriyadi
14. Hasbuddin
15. Munir alias Abu Rimba
16. Gema Awal Ramadhan
17. Ismarwan
18. Muktar alias Muktar
19.Andri aMrlan
20. Chairul Fuadi
21. Muksin Kamal
22. Khairul Gazali


Kronologi Kerusuhan

Insiden pembakaran yang disusul kaburnya ratusan narapidana kemarin terjadi di Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Pemicunya adalah ketidakpuasan narapidana atas listrik yang mati sepanjang hari sehingga mengganggu suplai air dan sebagainya.

Berikut kronologi insiden Kamis (11/7) yang menewaskan sedikitnya lima orang:

-Pukul 17.30 WIB

Kerusuhan itu dipicu padamnya listrik yang berimbas pada suplai air di Lapas, juga karena Lapas yang kelebihan kapasitas, sekitar 247 persen penghuninya, total 2.694 napi.

Petugas Lapas yang bertugas dan sempat terjebak di dalam berjumlah sekitar 15 orang. Sejumlah narapidana sempat menguasai Lapas dan menahan beberapa petugas. Belasan petugas itu akhirnya berhasil menyelamatkan diri.

-Pukul 20.20 WIB

Api masih membakar ruang kantor Lapas. Asap hitam terlihat membumbung tinggi. Petugas kepolisian dan sejumlah kendaraan pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi untuk memadamkan api.

-Pukul 20.42 WIB

Narapidana menimpuki aparat dari dalam Lapas dengan batu-batu dan barang lainnya. Ulah narapidana ini menghambat petugas pemadam kebakaran yang hendak memadamkan api di dalam Lapas.

-Pukul 20.50 WIB

Ledakan cukup keras terjadi dari dalam Lapas. Belum diketahui asal muasal ledakan itu, namun saat ledakan terjadi letupan api terlihat cukup besar.

Narapidana diperkirakan sekitar berjumlah 150-200 orang. Jumlah pasti yang narapidana yang kabur belum dihitung.

-Pukul 00.00 WIB

Api mulai mengecil, namun narapidana masih menguasai area dalam Lapas.

-Pukul 03.30 WIB, Jumat (12/7)

Tercapai kesepakatan antara petugas Lapas dan narapidana. Para napi sepakat akan masuk ke dalam selnya masing-masing dan diberi makan sahur oleh petugas.




Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: (FOTO) KERUSUHAN & KEBAKARAN LAPAS TANJUNG GUSTA MEDAN, DARI AIR MATI HINGGA PENGHAPUSAN PP 99/2012
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/07/foto-kerusuhan-kebakaran-lapas-tanjung.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...