Tuesday, April 23, 2013

FENOMENA ALAM GERHANA MATAHARI 'SEPARUH' DI 10 MEI 2013, DAPAT DILIHAT DENGAN MATA TELANJANG

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Gerhana Matahari separuh dapat disaksikan di wilayah Indonesia saat matahari terbitFENOMENA ALAM GERHANA MATAHARI 'SEPARUH' DI 10 MEI 2013, DAPAT DILIHAT DENGAN MATA TELANJANG. Pada 10 Mei 2013, sebagian Matahari akan tertutup bayangan bulan. Gerhana Matahari ini dapat disaksikan di Indonesia, Filipina, Australia dan wilayah Pasifik pada saat Matahari terbit. Lihat juga INI DIA PRINTER LASER DENGAN KONEKSI WIFI DARI CANON UNTUK BISNIS UKM

Gerhana Matahari ini masih dalam rangkaian fenomena alam dari gerhana Bulan pada 26 April 2013. Lihat juga

Hal ini dipaparkankan Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan sekaligus peneliti astronomi dan astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin.

"Ini adalah saat Bulan, Matahari dan Bumi berada dalam kondisi satu garis. Saat Bulan purnama, Bumi menghalangi Matahari sehingga Bulan terlihat tergelapi walau sedikit. Nah, 2 minggu kemudian, Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga Matahari terhalang Bulan dan terlihat menghitam sebagian," jelas Thomas.

"Bergantung lokasi, yang tidak mengalami wilayah Sumatera bagian utara. Jawa mengalami saat matahari terbit," imbuhnya.

Thomas menjelaskan, di Jakarta, pada saat Matahari terbit sudah mengalami gerhana 35%. Artinya penduduk Jakarta akan melihat Matahari pagi tertutup sepertiga bagiannya dari pukul 06.00 - 06.26 WIB.

"Cukup lama ya, sekitar 30-an menit. Matahari nanti bentuknya seperti tanduk, sebagian yang gelap," tuturnya.

Bergeser ke tengah, Makassar, Sulsel, akan bisa menyaksikan gerhana Matahari 43 persen, yang artinya 2/5 bagian Matahari tertutup bayangan Bulan. Matahari di Makassar ini saat terbit sudah mengalami gerhana yang akan berakhir pukul 07.38 Wita.

Di Manado, Sulut, Matahari sudah mengalami gerhana saat terbit, yang bisa diamati mulai pukul 05.50 - 07.40 Wita. Di Manado, gerhana Matahari akan terlihat 51% alias menutup separuh permukaan Matahari.

Nah, di Jayapura, adalah wilayah Indonesia yang bisa menyaksikan gerhana Matahari hingga 62% alias 2/3 piringan Matahari akan tertutup. Dimulai dari 06.37 - 08.22 WIT.

Sedangkan di Australia dan Pasifik, Matahari akan terlihat cincin. Gerhana Matahari ini sudah tak bisa dilihat saat mencapai Pantai Barat AS, hanya di perairan Pasifik saja.

Karena gerhana Matahari terjadi saat di bawah ufuk, maka tak perlu alat bantu untuk melihatnya. Cukup dengan mata telanjang. dan tentu saja ini menjadi obyek menarik bagi penggemar fotografi.


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: FENOMENA ALAM GERHANA MATAHARI 'SEPARUH' DI 10 MEI 2013, DAPAT DILIHAT DENGAN MATA TELANJANG
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/04/fenomena-alam-gerhana-matahari-separuh.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...