Tuesday, April 9, 2013

TERJADI GEMPA TREMOR, GUNUNG GUNTUR DALAM KONDISI KRITIS Efek Dahsyat jika Gunung Guntur Meletus Setelah 150 Tahun 'Tertidur'

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Keindahan Gunung Guntur di GarutTERJADI GEMPA TREMOR, GUNUNG GUNTUR DALAM KONDISI KRITIS Efek Dahsyat jika Gunung Guntur Meletus Setelah 150 Tahun 'Tertidur'. Gunung Guntur di Garut, Jawa Barat yang sudah tertidur selama 150 tahun berpotensi meletus. Gempa Tremor terus menerus yang terjadi beberapa hari ini, membuat Gunung Guntur yang statusnya waspada kondisinya mulai kritis. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Lihat juga TERSERANG STROKE, MANTAN PERDANA MENTERI INGGRIS MARGARETH THATCHER MENINGGAL DUNIA

Surono menambahkan, hasil pengamatan selama ini gempa tremor telah terjadi tiga kali setelah gunung ini ditetapkan satusnya dari normal ke waspada. Sedangkan hari ini gempa tremor terjadi secara terus menerus sampai siang tadi. Kondisi ini perlu kewaspadaan penuh, karena jika terus terjadi gempa tremor, gunung berpotensi meletus. Apalagi, diprediksi gunung ini akan meletus dahsyat setelah "tertidur" selama ratusan tahun.

"Kalau sudah gempa tremor, biasanya sudah meletus. Ini ciri gempa terakhir sebelum terjadi letusan," ungkapnya.

Jika gunung ini sampai meletus, lanjut Surono, diprediksi letusan besar akan terjadi sampai satu bulan. Pasalnya, kondisi gunung yang lokasinya dekat dengan perkotaan Garut ini, memiliki gumpalan tanah yang sangat besar.

"Sudah gempa tremor belum meletus, bisa disebabkan ada faktor alam yang menyumbat aliran lava. Gunung ini punya sejarah besar. Mudah-mudahan tak sampai terjadi letusan," pungkas Surono.

Menurut Surono, berdasarkan metode ash modeling yang dikembangkan PVMBG sejak beberapa tahun lalu, jika Gunung Guntur sampai meletus maka, lalu lintas penerbangan baik domestik atau internasional kemungkinan besar akan terganggu.

Menurut Surono, hal tersebut terjadi karena Gunung Guntur, yang kawahnya tertutup tanah dan bebatuan, diprediksi akan mengeluarkan letusan yang cukup dahsyat dengan menyemburkan awan panas setinggi empat hingga delapan kilometer dari puncak gunung di ketinggian 2.249 meter di atas permukaan laut itu.

PVMBG memprediksi bahwa letusan Gunung Guntur akan cukup dahsyat. Akibatnya dua bandara, yaitu Husein Sastranegara, Bandung; dan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, akan menanggung beban.

Peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Guntur tidak bisa diabaikan karena energi gunung yang sudah tertidur selama 165 tahun sejak letusan terakhirnya itu akan sangat besar dan mengancam keselamatan penduduk Kota Garut.


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: TERJADI GEMPA TREMOR, GUNUNG GUNTUR DALAM KONDISI KRITIS Efek Dahsyat jika Gunung Guntur Meletus Setelah 150 Tahun 'Tertidur'
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/04/terjadi-gempa-tremor-gunung-guntur.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...