Monday, April 15, 2013

DUGAAN PENYEBAB JATUHNYA PESAWAT LION AIR BOEING 737-800 NG DI BALI Cuaca Buruk & Terlalu Cepat Mendarat Sebabkan Pesawat Lion Air Boeing 737-800 NG Jatuh?

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Puing pesawat Lion Air Boeing 737-800 yang jatuh di laut BaliDUGAAN PENYEBAB JATUHNYA PESAWAT LION AIR BOEING 737-800 NG DI BALI Cuaca Buruk & Terlalu Cepat Mendarat Sebabkan Pesawat Lion Air Boeing 737-800 NG Jatuh?. Penyebab jatuhnya Pesawat Lion Air jenis Boeing 737-800 NG, rute Bandung-Denpasar, yang jatuh di laut Bali pada Sabtu 13 April lalu masih belum terungkap. Banyak spekulasi yang berkembang jatuhnya pesawat yang dilengkapi berbagai teknologi terkini itu. Lihat juga (FOTO) PESAWAT LION AIR BOEING 737-800 NG JATUH DI LAUT DEKAT BANDARA NGURAH RAI BALI Kronologi Kecelakaan Pesawat Lion Air di Bali

Menurut Boeing, 737 next generation ini sebetulnya sudah dilengkapi dengan alat untuk mendeteksi angin geser atau wind shear.

Alat ini akan berbunyi secara otomatis jika di dekat pesawat ada wind shear. Dengan demikian, pilot pun bisa segera melakukan go around.

Kecelakaan nahas terjadi diduga setelah Kopilot Chirag Caira tidak bisa melihat landasan pacu akibat hujan. Kopilot asal asal India itu punya 1.300 jam terbang untuk jenis Boeing 737.

Cuaca buruk ini diperkuat kesaksian penumpang, Doni, dan saksi mata yang melihat detik-detik jatuhnya pesawat ke dalam laut.

Setelah kopilot gagal menemukan runway, kontrol pesawat pun langsung diambil Kapten Mahlup Ghozali. Pilot berkebangsaan Indonesia ini memiliki lisensi instruktur terbang dengan 12 ribu jam terbang. Ghozali pun kemudian memutuskan untuk membatalkan pendaratan. Sesuai prosedur, dia harus melakukan "go around," yakni menaikkan kembali pesawat ke ketinggian yang aman untuk mengulang pendaratan.

Namun, dia tidak berhasil menaikkan pesawat. Dia malah justru merasa tertarik dengan kuat ke laut. Adanya cuaca buruk diperkuat laporan Flight Safety Foundation. Dalam buletin untuk para pilot itu, yayasan ini melaporkan adanya awan badai di waktu yang bersamaan dengan kecelakaan Lion Air. Tepatnya, di ketinggian 1.700 kaki. Diduga, Lion Air nahas ini terkena microburst.

Bila pesawat dalam kecepatan rendah saat menghantam medan microburst, secanggih apapun pesawat itu, tak akan mampu menghindari dampaknya.

Di dunia penerbangan, istilah microburst dikenal sebagai udara yang turun di saat badai terjadi dengan skala kurang dari 4 kilometer. Dalam penerbangan, microburst adalah ancaman serius. Bila pilot tak cepat bertindak, tragedi akan terjadi.

Dalam kasus Lion Air, pesawat sudah ada di ketinggian 400 dan 200 kaki sehingga sulit sekali menghindari badai awan ini. Karena waktu yang sangat sempit.




Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: DUGAAN PENYEBAB JATUHNYA PESAWAT LION AIR BOEING 737-800 NG DI BALI Cuaca Buruk & Terlalu Cepat Mendarat Sebabkan Pesawat Lion Air Boeing 737-800 NG Jatuh?
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/04/dugaan-penyebab-jatuhnya-pesawat-lion.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...