Saturday, November 17, 2012

AKTIVITAS JANIN DALAM KANDUNGAN MASA KEHAMILAN

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

FOTO PERKEMBANGAN JANIN DI DALAM PERUT SAAT HAMIL LIHAT AKTIVITAS AJAIB JANIN DALAM KANDUNGAN. Ternyata Memasuki Usia Kehamilan Enam Bulan Janin Mampu Mendengar. Bayi dalam kandungan ketika belum terlahir sebenarnya disebut janin. Saat sudah dilahirkan maka berubah sebutannya menjadi bayi. Namun, kita sering menyebutnya bayi meskipun belum lahir.

Janin dalam kandungan merupakan suatu pribadi yang baru atau persona yang memiliki keunikan dan keajaiban tersendiri dalam aktivitas kehidupan dalam rahin (intra uterin).

Menarik sekali jika kita memperhatikan gerak gerik sang janin dalam kandungan melalui layar monitor ultrasonografi. Apa saja aktivitas janin dalam kandungan di masa kehamilan?

1. Apakah selama dalam kandungan janin sudah bisa mendengar?
Memasuki usia kehamilan enam bulan atau 24 minggu janin mampu mendengar. Lalu apa yang didengarnya? Segala aktivitas dalam tubuh ibu menjadi irama nada indah bagi janin. Sambil berbaring nyaman dalam rahim, sang janin mendengar detak jantung ibu, suara bising usus, dan berbagai macam suara saat ia bermain air ketuban. Bagi ibu hamil, disarankan untuk memberikan rangsangan positif dari luar tubuhnya dan menjaga setiap ucapan, hindari pertengkaran dan suara keras antara suami istri. Agar janin tidak mengalami stres.

2. Kapan Janin suka menghisap dan mencecap rasa?
Bila dilihat pada layar monitor, pada janin usia 16 minggu janin sudah mulai berpetualang dengan kemampuannya untuk mencecap rasa air ketuban dan mulutnya melakukan gerakan menghisap. Kecerdasan awal bagi janin dalam menikmati sensasi rasa mulai berkembang.

3. Kapan janin peka terhadap cahaya dari luar?
Usia empat bulan janin sudah peka terhadap cahaya. Meskipun suasana rahim gelap, janin mampu membedakan terang saat ada rangsang cahaya dari luar tubuh ibunya. Para peneliti mencoba merangsang mata janin dengan memberikan sorot cahaya dengan menyinari perut sang ibu, dan tampak mata janin mengerjap saat cahaya diarahkan ke wajahnya.

4. Kapan janin bisa bisa menggunakan indra peraba?
Pada usia kehamilan 4- 5 bulan janin sudah mulai bisa merasakan sensasi pada permukaan tubuh dan kulitnya. Bila disentuh pada bibirnya janin dapat melakukan gerakan membuka bibir dan seolah menghisap. Bila disentuh pada telapak tangannya janin akan bereaksi menggenggam.

5. Apa yang janin lakukan bila mengalami ketegangan atau stres dalam rahim?
Bila seorang ibu hamil mengalami ketegangan mental dan tekanan psikologis selama kehamilan, maka janin dalam kandungan dapat terpengaruh. Janin melakukan gerakan berlebihan, mudah timbul his atau kram yang disebut dengan kontraksi pada rahim ibu. Bahkan dapat berpotensi terjadinya persalinan prematur maupun ketuban pecah sebelum waktunya. Janin juga bisa mengeluarkan tinja dalam kandungan dan mengotori air ketuban.

Apa yang harus diperhatikan ibu hamil untuk kebaikan sang janin dalam rahim ?
Menerima dengan ihklas semua perubahan tubuh, suka duka saat menjalani kehamilan.
Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan kegiatan yang tidak melelahkan.
Menjaga asupan makanan bergizi bagi pertumbuhan janin dalam kandungan.
Menjaga suasana hati dan pikiran yang tenang sejak bayi dinyatakan hamil.
Menjaga hubungan harmonis antara suami dan istri, hindari kekerasan dalam rumah tangga.
Memberikan rangsangan musik yang lembut pada dinding perut ibu, lantunan doa, dan suami istri sering menstimulasi bayi, menyentuh perut ibu dengan usapan lembut sambil mengajak bicara janin dalam kandungan.

* Disarikan dari berbagai sumber

Berbagai aktivitas janin dalam kandungan saat hamil perkembangan tiap minggu tiga bulan 6 bulan sampai sembilan bulan di masa kehamilan.


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: AKTIVITAS JANIN DALAM KANDUNGAN MASA KEHAMILAN
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2012/11/aktivitas-janin-dalam-kandungan-masa.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...