Friday, November 2, 2012

TIPS MENCEGAH NAIKNYA ASAM LAMBUNG

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Mencegah meningkatnya asam lambung dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung asamJENIS MAKANAN YANG MENJADI PEMICU NAIKNYA ASAM LAMBUNG. Meningkatnya asam lambung akan menimbulkan rasa tak nyaman (acid reflux). Hal ini terjadi ketika pengeluaran (sekresi) asam berlebihan dalam kelenjar lambung. Ketika sekresi terjadi lebih dari biasanya, dada akan terasa panas atau sering disebut heartburn.

Pengaturan asupan makanan merupakan hal paling penting untuk mencegah terjadinya kembali acid reflux. Walau diberi obat untuk mengatasi hal ini, bila mengonsumsi jenis makanan yang salah, maka asam lambung kembali meningkat.

Karena itu, penting untuk mengetahui jenis makanan yang bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung. Berikut ini beberapa di antaranya;

Tomat
Tomat sangat kaya akan kandungan asam yang bisa memicu peningkatan asam pada lambung. Meski begitu, tomat masih masuk dalam golongan makanan yang sehat, berkat kandungan antioksidan dan nutrisi yang bisa melindungi organ tubuh lain, seperti jantung.

Kafein
Kafein bisa menstimulasi produksi asam di pencernaan, bahkan membuka katup esofagus, demikian dijelaskan Health.com.

Daging yang berlemak
Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing, ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karenanya, lebih baik Anda kurangi konsumsinya hingga hanya seminggu sekali. Beralihlah juga ke pilihan daging yang tanpa lemak.

Mint
Keluarga mint, baik peppermint, spearmint, dan sebagainya juga bisa memicu produksi asam lambung berlebih, meski pada awalnya mint bisa memberi kesan dingin dan menyegarkan.

Cokelat
Kandungan kakao, kafein, dan stimulan lain, seperti theobromine, dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak, sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung.

Bawang putih
Bawang putih dan bawang bombay diketahui juga mendorong produksi asam lambung. Meski bukan harus dihindari semua, tetapi sebaiknya batasi konsumsinya.

Sitrus
Keluarga jeruk-jerukan, seperti diketahui, sangat kaya akan asam, dan juga bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Cuka
Cuka juga diketahui bisa memicu asam pada lambung.

Makanan yang digoreng
Suka makan gorengan? Sebaiknya Anda tahu bahwa makanan ini juga bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu, hobi makan gorengan juga kerap menimbulkan gangguan heartburn, yaitu rasa nyeri terdapat di ulu hati. Cara mencegah asam lambung yang menyebabkan penyakit maag




Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: TIPS MENCEGAH NAIKNYA ASAM LAMBUNG
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2012/11/tips-mencegah-naiknya-asam-lambung.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...