Tuesday, November 27, 2012

INI DIA CIRI-CIRI BAHAN MAKANAN TIDAK LAYAK KONSUMSI

Tips menyimpan bahan makanan dengan tepatKENALI BAHAN MAKANAN TANG MULAI RUSAK. Menyimpan makanan memang harus berhati-hati. Jika kita salah dalam menyimpan ataupun terlalu lama, maka makanan akan menjadi rusak. Makanan sudah basi menjelang disantap tentu sangat mengesalkan. Ketika makanan Anda memiliki tanda-tanda basi seperti berikut ini, waspadalah. Bila ragu, lebih baik segera singkirkan. Menyantapnya, meski hanya dua suap, bisa membuat Anda terpaksa berobat ke dokter.

Untuk menguji makanan masih layak dikonsumsi atau tidak, berikut beberapa makanan yang bisa Anda kenali ciri-cirinya saat akan rusak.

Ikan

Ikan yang sudah tidak segar biasanya memunculkan aroma tidak enak yang kuat. Bila masih tampak segar, amati lebih teliti. Bila ikan berubah warna menjadi coklat, kuning atau abu-abu, meski hanya di bagian ujungnya, buang segera.

Telur

Jika telur busuk digunakan untuk membuat makanan, bakteri salmonella siap berkembang biak di dalamnya. Untuk mengetahui telur masih bagus atau tidak, masukkan telur ke dalam semangkuk air. Telur yang sudah lama akan menyerap udara lewat cangkang yang berpori, sehingga akan mengambang atau berdiri di mangkuk. Sementara, telur yang segar sebagian sisinya akan tetap tidur di bagian bawah mangkuk.

Steak

Godaan lezatnya steak terkadang membuat orang masih tetap menyantapnya meski mungkin si steak sudah “berumur”. Padahal, bahaya mikroorganisme seperti E.coli dan salmonella bisa mengancam. Coba perhatikan warnanya. Bila berubah warna menjadi abu-abu, tandanya sudah tak layak konsumsi. Bila dibaui, akan keluar aroma tengik. Untuk lebih meyakinkan, pegang dengan tangan Anda. Steak yang rusak akan mengeluarkan lendir.

Ayam

Jangan menyimpan ayam mentah di kulas bagian bawah lebih dari 48 jam, dan konsumsilah ayam beku sebelum enam bulan. Ayam yang sudah basi memunculkan bau asam atau semacam amonia. Warna yang berubah atau daging yang berlendir juga jadi pertanda sudah waktunya membuang ayam Anda.

Kentang

Umur kentang bisa panjang bila disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, tapi harus sering diperiksa. Satu saja kentang rusak, akan menulari kentang lain yang bersamanya. Bila kentang terasa keras saat diremas, berarti masih layak konsumsi. Namun, bila terasa lembek dan melesak ke dalam saat ditekan, berarti kondisinya sudah tak bagus lagi. Apalagi, bila kentang sudah berkecambah dan bau.

Yogurt

Yogurt merupakan susu yang difermentasikan, sehingga kemungkinan untuk cepat basi juga besar. Beberapa tanda yogurt yang rusak adalah adanya tambahan aroma, jamur spora, atau tekstur kental yang berbeda dari yogurt saat masih segar.

Cream cheese

Tak seperti keju-keju lainnya, cream cheese paling baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Bila sudah berwarna hijau atau tumbuh jamur, segera buang. Jangan lupa, cek tanggal kadaluarsa. Bila sudah dibuka, segera habiskan dalam 10 hari.

Selada

Di kulkas, usianya hanya sekitar satu minggu. Selada yang segar haruslah berwarna hijau atau ungu kemerahan, tergantung jenisnya. Bila sudah layu dan berwarna kecoklatan, sebaiknya tak dikonsumsi. Bahaya konsumsi makanan kadaluarsa


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: INI DIA CIRI-CIRI BAHAN MAKANAN TIDAK LAYAK KONSUMSI
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2012/11/ini-dia-ciri-ciri-bahan-makanan-tidak.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...