Sunday, March 31, 2013

(FOTO) PALOPO RUSUH! MASSA TOLAK HASIL PERHITUNGAN PILKADA OLEH KPU BAKAR KANTOR PEMERINTAHAN PALOPO

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Kantor yang dibakar massa yang menolak hasil perhitungan pemilihan Walikota Palopo, Sulawesi SelatanKRONOLOGI KERUSUHAN DI PALOPO, SEJUMLAH KANTOR PEMERINTAHAN DIBAKAR MASSA. Proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilihan wali kota Palopo, Sulawesi Selatan, diwarnai dengan sejumlah aksi pembakaran fasilitas pemerintah. Aksi anarki tersebut berlangsung usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo menetapkan pasangan Judas Amir-Ahmad Syarifuddin (JA) sebagai pemenang pemilukada putaran kedua tersebut. Lihat juga AKHIRNYA SBY PIMPIN DEMOKRAT Kongres Luar Biasa Partai Demokrat Tetapkan SBY sebagai Ketua Umum

Akibatnya, kantor Golkar Palopo dibakar oknum tertentu. Selain itu, ruangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kantor Wali Kota Palopo, dua kendaraan dinas yang terparkir di halaman kantor tersebut juga dibakar massa.

Belum berhenti di kantor tersebut, kantor Camat Wara Timur Palopo, Kantor Pos Palopo juga dibakar massa yang diduga pendukung kandidat tertentu. Aparat kepolisian dikabarkan berjuang keras mengamankan aksi massa tersebut.


Kronologi kerusuhan Palopo

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar, Komisaris Besar Endi Sutendi, pada saat proses rekapitulasi yang berlangsung sekitar pukul 10.00 Wita, situasi masih berlangsung normal.

Namun, usai pengumuman pemenang dilakukan sekitar pukul 13.00 Wita, tiba-tiba massa yang diduga dari pasangan nomor urut 5, Haidar Basir-Tamrin (HATI) tiba-tiba melakukan aksi anarki dan mengamuk di kantor KPU.

"Massa HATI tiba-tiba melakukan pelemparan batu dan bom molotov," kata Endi, Minggu 31 Maret 2013.

Meski dapat dipukul mundur oleh sekitar 600 personel polisi yang bersiaga penuh, polisi akhirnya kewalahan juga.

Berselang beberapa menit kemudian massa kembali membakar kantor Wali Kota yang jaraknya sekitar 200 meter dari kantor Golkar. Tidak hanya sampai di situ, aksi pembakaran berlanjut di kantor surat kabar lokal harian Palopopos, kantor Panwaslu dan kantor Kecamatan Wara Timur serta kampus Akademi Keperawatan (Akper) Kamanre milik Judas Amir.

Massa tandingan dari pemenang putaran kedua, Judas Amir-Ahmad Syarifuddin (JA), yang jumlahnya hampir sama dengan massa nomor urut lima, saling lempar bom molotov serta menggunakan benda lainnya, berhasil dipukul mundur oleh pasukan pengamanan.

"Semuanya dalam waktu yang hampir bersamaan, sehingga aparat cukup kesulitan," tambah Endi Sutendi.

Situasi sudah bisa dikendalikan dan kapolres setempat bersama petugas pengamanan sedang ke TKP kebakaran. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Petugas masih melakukan identifikasi di lapangan.

Dugaan sementara, amuk massa dipicu antara lain adanya dugaan penggelembungan suara.

Berdasarkan rekapitulasi KPU Palopo, pasangan Judas Amir dan Ahmad Syarifuddin ditetapkan sebagai wali kota dan wakil wali kota Palopo terpilih lima tahun ke depan.

JA memperoleh 37.469 suara, sedangkan pasangan HATI 36.731 suara, atau hanya memiliki selisih 738 suara. Sementara itu, jumlah partisipasi pemilih 69,11 persen.

Berikut hasil Rekapitulasi Per Kecamatan Pilkada Palopo

Telluwanua = JA 2855, Hati 3.519
Bara =JA 5955, hati 5540
Waru =JA 4620, hati 4771
Wabar = JA 2485, hati 2529
Mungkajang =JA 2133, hati 1710
Wara =JA 6612, hati 7345
Sendana =JA 1717, hati 1349
Warsel =JA 2904 hati 2292
Wara timur = JA 8188 , hati 7676
Pilkada Palopo Ricuh




Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: (FOTO) PALOPO RUSUH! MASSA TOLAK HASIL PERHITUNGAN PILKADA OLEH KPU BAKAR KANTOR PEMERINTAHAN PALOPO
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/03/foto-palopo-rusuh-massa-tolak-hasil.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...