Sunday, March 31, 2013

WASPADA!MEROKOK & KONSUMSI GULA BERLEBIHAN DAPAT MENYEBABKAN GINJAL BERMASALAH

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

GinjalPENYEBAB GINJAL BERMASALAH. Berhati-hatilah jika Anda sering minum obat pereda nyeri, atau mengonsumsi garam atau gula secara berlebihan. Gangguan ginjal ternyata bisa dipicu oleh hal-hal sepele yang tanpa disadari sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Lihat juga PANDUAN PENTING SAAT KONSUMSI OBAT HERBAL AGAR TERHINDAR DARI EFEK SAMPING YANG BERBAHAYA

Beberapa hal yang bisa menyebabkan ginjal bermasalah.

1. Minum obat pereda nyeri jangka panjang
Penggunaan obat tertentu seperti pereda nyeri dalam jangka panjang apalagi dalam dosis tinggi bisa merusak jaringan ginjal. Baik obat resep maupun yang dijual bebas, keduanya sama-sama punya efek samping merusak ginjal. Diperkirakan 1-3 persen kasus gagal ginjal kronis disebabkan oleh penggunaan pereda nyeri yang berlebihan.

2. Berlebihan menjalani prosedur radiologi
Ada baiknya melakukan tes fungsi ginjal sebelum menjalani pemindaian dengan alat apapun di rumah sakit. CT Scan, -Ray dan angiogram terkadang menggunakan pewarna khusus yang disuntikkan ke dalam tubuh untuk meningkatkan kontras warna. Hal itu berisiko memicu AKI (Acute Kidney Injury), yang diperkirakan dialami oleh 40 persen pasien di rumah sakit.

3. Berlebihan mengonsumsi gula
Banyak mengonsumsi gula adalah faktor risiko berbagai penyakit seperti diabetes mellitus dan obesitas. Kedua penyakit ini juga berdampak pada fungsi ginjal yang memburuk. Membatasi asupan gula tidak hanya menyelamatkan ginjal, tetapi juga lingkar pinggang.

4. Banyak mengonsumsi garam
Terlalu banyak konsumsi garam natrium bisa meningkatkan tekanan darah, yang berujung pada kerusakan fungsi ginjal. Orang dewasa di Amerika Serikat mengonsumsi garam natrium rata-rata 3.300 mg/hari, jauh lebih tinggi dibanding batasan yang dianjurkan pemerintah yakni 1.500 mg/hari.

5. Merokok
Efek negatif rokok terhadap jantung dan paru-paru sudah banyak dipublikasikan, tetapi kini penelitian juga menunjukkan bahwa perokok memiliki kandungan protein dalam urine. Ini menunjukkan adanya kerusakan pada jaringan ginjal. Penyakit yang merusak ginjal seperti diabetes dan tekanan darah tinggi makin memburuk akibat merokok. Tips menjaga kesehatan ginjal


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: WASPADA!MEROKOK & KONSUMSI GULA BERLEBIHAN DAPAT MENYEBABKAN GINJAL BERMASALAH
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/03/waspadamerokok-konsumsi-gula-berlebihan.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...