Wednesday, May 1, 2013

SERBA SERBI ASMA, GEJALA & LANGKAH-LANGKAH PERTOLONGAN SAAT ASMA KAMBUH

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Tips pertolongan pertama saat asma kambuhSERBA SERBI ASMA, GEJALA & LANGKAH-LANGKAH PERTOLONGAN SAAT ASMA KAMBUH. Asma merupakan penyakit keturunan, dan bukanlah penyakit menular. Penyakit asma terjadi akibat adanya peradangan saluran napas karena sensitif terhadap berbagai rangsangan yang menimbulkan penyempitan saluran napas dan mengeluarkan lendir. Penderita akan mengalami kesulitan bernapas. Lihat juga 10 LANGKAH PERAWATAN GIGI AGAR TETAP SEHAT & KUAT

Gangguan ini bisa membaik secara spontan ataupun dengan pengobatan.

Asma memang penyakit yang gampang kambuh. Sedikit saja kontak dengan pemicu, gejala asma seperti sesak napas langsung terjadi. Bila tak ingin sering kambuh, sebaiknya jauh-jauh dari pemicunya.

Menurut DR Dr Aru Sudoyo, SppD, K-HOM, FINASIM, FACP, praktisi kesehatan, ada banyak hal yang bisa memicu asma, misalnya debu dan asap rokok. Selain itu, bisa juga berupa jenis makanan tertentu. Namun tidak bisa disamakan bahwa satu pemicu tertentu bisa menimbulkan asma pada semua penderitanya.

Jika ada 2 penderita asma, yang satu pemicunya debu, belum tentu penderita asma yang lain bisa kambuh asmanya dengan debu.

Penyakit asma memiliki banyak faktor penyebab, yang paling sering karena faktor atopi atau alergi. Asma terjadi atau kambuh pada seseorang karena adanya pemicu, atau berupa alergen.

Namun, antara penderita asma yang satu dengan yang lain belum tentu sama apa pemicu alerginya.

Lalu apa yang bisa kita lakukan jika melihat penderita asma yang sedang kambuh?

Tanda-tanda penderita asma sedang kambuh adalah orang tersebut terlihat sulit untuk bernapas. Terkadang disertai bunyi mengi saat mengeluarkan napas, cemas, kulit wajah pucat dan membiru. Jika dibiarkan bisa menyebabkan pingsan.

Jika melihat orang yang sedang kambuh asmanya, yang paling penting adalah tenangkan orang tersebut. Jika dia sudah panik dan kita sebagai orang yang ada di dekatnya ikut panik, maka keadaannya akan semakin buruk

Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul 'First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat', asma membutuhkan penanganan segera sebab dapat berbahaya.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain:

1. Tenangkan penderita

2. Bantu penderita untuk duduk dan istirahat

3. Bantu penderita mengambilkan atau mencarikan obat

4. Biarkan penderita menggunakan obat inhalernya sendiri

5. Sebisa mungkin hindari penderita dari sumber alergi

6. Jika merupakan serangan pertama atau terlihat berkepanjangan, segera bawa layanan medis

7. Jika tidak sadar, segera bawa ke layanan medis

8. Jangan memaksa penderita untuk tidur terlentang karena penderita lebih nyaman dalam keadaan duduk

9. Jangan banyak bertanya pada penderita, karena biasanya ia sulit berbicara

Penderita asma dapat melakukan olahraga, bahkan sangat disarankan. Olahraga yang disarankan adalah olahraga yang bisa memperbaiki keadaan paru-parunya seperti berenang, senam, dan sepeda.

Penderita asma tidak disarankan melakukan Olahraga yang dilakukan dalam waktu cepat dan singkat seperti lari, sprint, tenis, basket.


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: SERBA SERBI ASMA, GEJALA & LANGKAH-LANGKAH PERTOLONGAN SAAT ASMA KAMBUH
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/05/serba-serbi-asma-gejala-langkah-langkah.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...