Wednesday, May 22, 2013

6 JENIS IMUNISASI PENTING UNTUK ORANG DEWASA & LANJUT USIA

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Orang dewasa dan lanjut usia pun sebaiknya rutin melakukan imunisasi untuk mencegak kematian6 JENIS IMUNISASI PENTING UNTUK ORANG DEWASA & LANJUT USIA. Selama ini Imunisasi dianggap hanya diberikan kepada anak-anak. Padahal orang dewasa pun harus diimunisasi untuk mencegah terjadinya penyakit, terutama diberikan kepada kelompok lanjut usia. Lihat juga INTIP KARIER SESEORANG MELALUI ZODIAK

Tujuan pemberian imunisasi pada orang dewasa dan anak berbeda. Pada anak, pemberian imunisasi bertujuan untuk menyiapkan anak agar memiliki kekebalan tubuh yang kuat, sehingga tidak gampang sakit. Tetapi pada orang dewasa terutama pada orang berusia lebih lanjut, imunisasi dapat mencegah kematian yang cukup signifikan.

Ini dia beberapa jenis imunisasi dan kapan waktu pelaksanaanya.

1. Hepatitis A
Imunisasi terhadap penyakit yang menyebar melalui virus ini sangat dianjurkan pada setiap orang, khususnya pada turis dan penyaji makanan (food handlers). Penyuntikannya dilakukan 2 kali, dengan jarak 0,6 atau dari 1 kali saat suntik pertama lalu suntik kedua 6 bulan kemudian.

2. Hepatitis B
Walaupun saat masih bayi sudah mendapatkannya, ketika sudah dewasa imunisasi ini masih diperlukan. Khususnya pada ibu hamil yang bersifat carier. Imunisasi ini diberikan dalam 3 dosis yaitu bulan ke-0,1, dan 6.

3. Demam Tifoid
Demam tifoid atau yang dikenal dengan penyakit tifus merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Pemberian imunisasinya dilaksanakan 3 tahun 1 kali.

Imunisasi ini dianjurkan bagi penggunaannya pada pekerja jasa boga, wisatawan yang berkunjung ke daerah endemis.

4. Meningitis
Menurut Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, penyakit meningitis sebenarnya tak ada di Indonesia, kehadirannya biasanya karena dibawa dari luar khususnya oleh mereka yang melaksanakan haji (Saudi Arabia). Imunisasi ini didapatkan dalam dosis primer dengan jarak 2 bulan, untuk dosis booster dapat diberikan setiap 5 tahun apabila pada dosis primer diberikan 2 dosis.

5. Pneumonia
Pneumonia biasanya bersarang pada tenggorokan. Pada mereka yang merokok imunisasi ini sangat dianjurkan, sebab merokok dapat merusak tenggorokan sehingga bakteri pneumokokus mudah bersarang dan menyebabkan penyakit. Terdapat 2 jenis imunisasi pneumonia dan umumnya imunisasi ini dilakukan 5 tahun sekali.

Vaksin Pneumonia diberikan juga pada orang dewasa usia > 65 tahun dan mereka yang berusia < 65 tahun dengan penyakit kardiovaskular kronis, penyakit paru kronis, diabetes melitus, alkoholik chirrosis, kebocoran cairan serebospinal, asplenia anatomik/fungsional, infeksi HIV, leukemia, 6. Influenza
Influenza seringkali diremehkan. Padahal, bagi penderita jantung dan lansia penyakit ini sangat berbahaya. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk melakukan imunisasi ini 1 tahun sekali.

Vaksin ini juga dianjurkan untuk calon jemaah haji karena risiko paparan tinggi.

Tak hanya 6 jenis imunisasi ini saja, masih ada jenis imunisasi penting lainnya yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter Anda untuk mendapatkan penjelasan dan manfaatnya bagi kesehatan Anda.


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: 6 JENIS IMUNISASI PENTING UNTUK ORANG DEWASA & LANJUT USIA
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/05/6-jenis-imunisasi-penting-untuk-orang.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...