Friday, May 3, 2013

BURON EMPAT HARI, SUSNO DUADJI AKHIRNYA MENYERAHKAN DIRI Kronologi Penyerahan Diri Susno Duadji

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Foto Susno Duadji di LP CibinongBURON EMPAT HARI, SUSNO DUADJI AKHIRNYA MENYERAHKAN DIRI Kronologi Penyerahan Diri Susno Duadji. Terpidana korupsi Komisaris Jenderal Pol (Purn) Susno Duadji, akhirnya menyerahkan diri dan menjalani eksekusi oleh kejaksaan, pukul 23.10 WIB. Sebelumnya, Ia sempat diburu kepolisian dan kejaksaan selama empat hari setelah dimasukkan dalam daftar pencarian orang. Kini Susno sudah berada di Lembaga Permasyarakatan Klas II A Cibinong, Jawa Barat. Lihat juga (VIDEO) GAGAL DIEKSEKUSI & DITETAPKAN SEBAGAI DPO, SUSNO DUADJI 'CURHAT' DI YOUTUBE

Jaksa Agung Basrief Arief menjelaskan perihal kronologi penyerahan diri jenderal bintang tiga itu.

Awalnya, Kamis kemarin, sekitar pukul 14.30 WIB, Basrief mengaku didatangi seorang pria bernama Haji Untung yang mengaku sebagai penasihat hukum keluarga Susno Duadji.

Untung menyampaikan maksud kedatangannya bahwa Susno bersedia dieksekusi dengan catatan hanya oleh eksekutor yang ditunjuk Jaksa Agung.

Penasihat hukum Susno menyampaikan permintaan bahwa pelaksanaan eksekusi itu kalau bisa dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan klas 2 A Pondok Rajek, Cibinong. Hal itu kata Basrief, sesuai dengan permohonan terdahulu, 11 Februaru 2013.

"Saya menyetujui untuk pelaksanaan eksekusi itu. Saya menunjuk personel dengan sangat terbatas," ucapnya.

Atas dasar itu, Basrief membicarakan persoalan ini pada Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Basrief menegaskan, tidak ada satu pun pihak lain yang diberitahukan rencana eksekusi ini selain dua pihak tersebut.

"Jadi tidak lebih dari empat orang. Bahkan Pak Wakil Jaksa Agung, Jampidsus, Jamintel, saya tidak beritahukan rencana ini. Karena saya menghargai sikap Pak Susno. Saya harus komit atas kesepakatan dengan Pak Untung selaku kuasa hukum Pak Susno," tuturnya.

Selanjutnya, Basrief terus memantau pelaksanaan proses eksekusi di lapangan hingga pukul 23.10 WIB. Empat orang yang diperintahkannya sudah berada di lapangan untuk melaksanakan eksekusi.

"Pada jam itu Pak Susno hadir di lapas klas 2 A Cibinong. Proses berjalan, administrasi di lapas dengan berita acara penerimaan itu yang menyerahkan adalah saudara Arif dan ditandatangani oleh Pak Susno, dan yang menerima Abdul Hani dari Kemasyarakatan," jelasnya.


Isi SMS Susno Duadji

Setelah menyerahkan diri, Susno Duadji sempat mengirim SMS ke salah seorang staf DPP PBB. Isinya cukup 'heroik'. Berikut isi lengkap SMS tersebut.

"Tidak apa-apa. Biarkan dan relakan saya menjadi martir untuk membuktikan bahwa PBB konsekuen menegakkan hukum kebenaran dan keadilan. Aku akan patuhi kehendak pemegang kekuasaan, walau secara hukum masih bermasalah. Supaya energi anak bangsa tidak terkuras untuk membangun opini pro dan kontra karena persoalan pokok ada pada tindak lanjut," kata Susno dalam SMS tersebut.

Isi SMS itu dibacakan Wasekjen DPP PBB Endang Rudiatin saat berkunjung ke LP Klas II Cibinong, Jumat (3/5/2013). SMS itu diterima salah seorang staf PBB pukul 05.00 WIB, kemudian diteruskan ke pengurus.

Susno Duadji awalnya menolak dieksekusi tiga tahun enam bulan penjara lantaran berpandangan putusan cacat hukum sehingga batal demi hukum. Susno mempermasalahkan kesalahan penulisan nomor putusan serta tidak dicantumkannya perintah penahanan di dalam putusan kasasi.

Akhirnya, Susno dapat menerima putusan. Sebagai perlawanan, ia akan mengajukan peninjuan kembali putusan yang menyatakan terbukti bersalah dalam kasus korupsi PT Salmah Arowana Lestari dan korupsi dana pengamanan Pilkada Jawa Barat.



Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: BURON EMPAT HARI, SUSNO DUADJI AKHIRNYA MENYERAHKAN DIRI Kronologi Penyerahan Diri Susno Duadji
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/05/buron-empat-hari-susno-duadji-akhirnya.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...