Wednesday, May 1, 2013

(FOTO) 'MAYDAY' 2013, RIBUAN BURUH PERINGATI HARI BURUH 1 MEI DI BERBAGAI DAERAH

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Buruh memadati Bundaran HI pada peringatan Mayday 2013(FOTO) 'MAYDAY', RIBUAN BURUH PERINGATI HARI BURUH 1 MEI DI BERBAGAI DAERAH. Peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday) dipenuhi demo buruh di berbagai daerah. Di Jakarta, ratusan ribu buruh dari Jabodetabek, Karawang, dan Banten, tumpah ruah di Jakarta. Mereka memadati tiga lokasi, yaitu Bundaran HI, Istana Negara, dan Gedung DPR-RI. Lihat juga (FOTO) KISAH DUA SPG ROKOK YANG 'DIBELA' USTAD JEFFRY AL BUCHORY SEBELUM WAFAT KARENA KECELAKAAN MOTOR

Tuntutan mereka di antaranya penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif dasar listrik, upah murah, dan sistem outsourcing.

Massa berdatangan ke Istana Merdeka dengan berjalan kaki dari Bundaran Hotel Indonesia. Setiap kelompok buruh membawa mobil bak terbuka yang akan digunakan untuk berorasi. Mereka datang dengan semangat yang tinggi dengan membawa bendera serta spanduk-spanduk.

Beberapa kelompok buruh yang lebih cepat datang menunggu teman-teman mereka yang berada di belakang. Mereka menunggu persis di lampu merah Jalan Medan Merdeka Barat arah Harmoni agar mereka serempak mendatangi Istana Merdeka.

Buruh, yang tidak dapat maju ke depan Istana karena sudah penuh, melakukan orasi di tempat, seperti yang berada di depan Gedung Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat. Tuntuan mereka semua sama, yaitu menolak penangguhan upah, menghapuskan sistem outsourcing, serta menolak Rancangan Undang-Undang Keamanan Nasional yang menyatakan buruh sebagai organisasi masyarakat (ormas).

"Sekali lagi, kita bukan ormas. Selain itu, kami ingin Hari Buruh ini menjadi hari libur nasional," ujar Dodi Irawan, koordinator lapangan dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, Rabu (1/5/2013).

Karena jalan tertutup, kendaraan yang hendak melintas ke Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Harmoni harus memutar melalui Jalan Veteran. Sementara pengendara dari arah Thamrin menuju patung kuda harus melewati Jalan Wahid Hasyim atau Kebon Melati.

Surabaya

Peringatan Hari Buruh di Balaikota Surabaya, berlangsung damai. Para buruh yang turun ke jalan tidak melakukan orasi atau demo, melainkan menunggu undian berhadiah yang dibagikan. Mereka berjoget bersama menikmati lagu dangdut yang dilantunkan para biduan cantik.

Selain itu, para buruh juga bisa menikmati makanan dan minuman gratis yang disediakan Pemkot Surabaya.

Seluruh kegiatan Peringatan Hari Buruh yang digelar di halaman Balaikota Surabaya disulap bak pasar malam. Pemkot menyiapkan beberapa tenda yang digunakan para penjual makanan seperti soto, gado-gado, batagor dan bakso.

Namun keributan terjadi dalam demonstrasi buruh se-Jawa Timur di depan Gedung Neagar Grahadi, Surabaya. Kali ini keributan terjadi antara sesama buruh.

Ribuan massa dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), yang datang sekitar pukul 15.00 WIB, kesulitan menerobos massa aksi dari Konfederasi Serikat Nasional (KSN) dan Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) yang dikomandoi Andi Peci.

Massa KSN dan GMNI yang datang sejak pagi tadi enggan memberi jalan masuk kepada massa FSPMI yang datang membawa keranda mayat dan foto Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Perang mulut antara mereka pun terjadi. Padahal saat itu anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka tengah berorasi.

Makassar

Ribuan buruh dari berbagai organisasi buruh di Makassar, Sulawesi Selatan mendatangi Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Rabu, (1/5/2013). Aksi tersebut terkait dengan peringatan hari buruh sedunia yang jatuh pada hari ini.

Para buruh ini mendatangi Pelabuhan Soekarno Hatta di Jalan Nusantara ini dengan mengendarai ratusan sepeda motor. Mereka terdiri dari organisasi buruh seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Dalam orasinya, para buruh menuntut sistem kerja kontrak dan pemberian upah layak bagi kesejahteraan para buruh. Pasalnya menurut para buruh, upah mereka selama ini masih di bawah standar.

Mereka juga khawatir jika pemerintah menaikkan BBM, sebab mereka yakin kenaikan harga BBM akan berdampak langsung pada kebutuhan mereka.

“Kebutuhan hidup kami utamanya pada sembako akan naik seiring dengan kenaikan BBM. Makanya naikkan upah kami sesuai standar,” tegas Ramlah, salah seorang pengunjukrasa.

Jika BBM naik, maka akan menambah jumlah pengeluaran mereka. Sehingga jika upah buruh tidak dinaikkan maka akan dapat menyengsarakan nasib para buruh.

Medan

Peringatan Hari Buruh Sedunia dirayakan dengan cara berbeda oleh serikat buruh di Medan, Sumatera Utara. Sebanyak 2.500 buruh di Medan tidak akan melakukan aksi demo saat peringatan May Day. Buruh di Medan tidak melakukan konvoi di jalan, juga tidak menggeruduk kantor pemerintahan. Mereka berkumpul dan merayakan May Day di lapangan Merdeka, Medan. Acara tersebut diselenggarakan oleh pemerintah kota Medan.

Massa buruh yang berkumpul sejak pagi hari itu menyerukan sejumlah tuntutan kepada pemerintah. Mereka meminta agar pemerintah menghapuskan sistem outsourcing dan memberikan upah layak. Mereka juga menolak kenaikan harga BBM, tarif listrik, serta biaya pendidikan dan kesehatan yang terjangkau.

"Tuntutan kami agar pemerintah menolak outsourcing dan sejenisnya yang menguntungkan perusahaan tapi merugikan kaum buruh," kata Randy, salah seorang buruh di Medan, Rabu, 1 Mei 2013.

Pemerintah melalui Presiden SBY telah mengumumkan tanggal 1 Mei dijadikan hari libur nasional, yang dimulai tahun depan 2014.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa pada tahun-tahun berikutnya setiap Mei dan Oktober akan dilakukan pertemuan rutin antara pimpinan buruh dengan pemerintah dan jajaran kementerian terkait. Pertemuan itu dilakukan sebagai forum untuk melakukan dialog antara pemerintah dan buruh.





Surabaya


Yogyakarta



Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: (FOTO) 'MAYDAY' 2013, RIBUAN BURUH PERINGATI HARI BURUH 1 MEI DI BERBAGAI DAERAH
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/05/foto-mayday-2013-ribuan-buruh-peringati.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...