Sunday, May 26, 2013

5 LANGKAH PERTOLONGAN PERTAMA SAAT MENGALAMI KERACUNAN MAKANAN

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Tips mengatasi keracunan makanan5 LANGKAH PERTOLONGAN PERTAMA SAAT MENGALAMI KERACUNAN MAKANAN. Meski sudah berusaha menjaga kebersihan dalam mengolah makanan, terkadang kita masih saja kecolongan, mengalami keracunan setelah menyantap hidangan. Lihat juga PILKADA JAWA TENGAH 2013 : 4 LEMBAGA SURVEY & IT KPU UNGGULKAN PASANGAN NO 3 GANJAR PRANOWO-HERU SUDJATMOKO

Bakteri, virus, dan parasit bisa mengontaminasi makanan dan menyebabkan keracunan. Gejala yang dialami bisa berupa mual, muntah, diare cair, sakit dan kram perut, serta demam. Bahkan, jika sudah parah bisa menyebabkan kematian.

Berikut langkah-langkah pertolongan pertama jika mengalami keracunan:

1. Banyak minum

Menghindari dehidrasi saat keracunan makanan sangatlah penting. Seringkali reaksi keracunan adalah muntah-muntah dan diare. Bila itu terjadi terus-menerus, penderita pasti kehilangan banyak cairan dan bisa berakibat dehidrasi. Air kelapa yang mengandung elektrolit bisa membantu korban yang banyak kehilangan cairan. Walaupun hilangnya cairan tergantung parahnya gejala, tubuh kehilangan mineral penting seperti sodium, potassium, dan kalsium yang harus digantikan.

2. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Kalau sudah agak baikan, konsumsilah makanan yang mudah dicerna seperti pisang, nasi, sereal dengan kadar gula rendah dan roti dan diberikan dalam porsi kecil.

3. Hindari makanan tertentu

Jika belum merasa benar-benar sehat, hindarilah mengonsumsi produk olahan susu, kafein, alkohol, nikotin, serta makanan yang tinggi lemak dan banyak bumbu. Jauhi hingga gejala keracunan berkurang.

4. Konsumsi probiotik berkualitas tinggi

Kunci pencegahan dan penyembuhan keracunan makanan adalah probiotik bermutu tinggi yang mengandung bakteri baik. Pasalnya, 70% sistem kekebalan tubuh kita berada di saluran pencernaan. Bakteri baik mendorong produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

5. Istirahat

Jangan paksakan diri beraktivitas jika sedang keracunan makanan. Istirahat akan membuat Anda lebih baik dalam jangka panjang.


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: 5 LANGKAH PERTOLONGAN PERTAMA SAAT MENGALAMI KERACUNAN MAKANAN
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/05/5-langkah-pertolongan-pertama-saat.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...