Saturday, May 11, 2013

5 GEJALA TAK BIASA TANDA TUBUH PERLU VITAMIN

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Sumber vitamin banyak didapat dari buah dan sayuran5 GEJALA TAK BIASA TANDA TUBUH PERLU VITAMIN. Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menunjukkan bahwa tubuh kita sedang bermasalah. Misalnya saja saat tubuh kekurangan vitamin, tubuh kita akan menunjukkan gejala aneh. Kekurangan vitamin mungkin tidak menyebabkan timbulnya penyakit, tapi dapat memicu gangguan fungsi tubuh karena vitamin merupakan penunjang semua reaksi biokimia di dalam tubuh. Lihat juga PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) 2013, JADWAL TEST CPNS

Untuk itu, kita perlu mengetahui gejala-gejalanya. Dengan demikian, tindakan pencegahan dan pengobatan bisa dilakukan sebelum masalah menjadi bertambah parah.

Berikut adalah 5 tanda-tanda peringatan kekurangan vitamin yang tidak biasa:

1. Celah di sudut-sudut mulut

Gejala ini disebabkan oleh kekurangan zat besi, seng dan vitamin B seperti niacin (B3), riboflavin (B2) dan B12. Biasanya vegetarian paling sering kurang cukup mendapatkan zat besi, seng dan B12. Vitamin ini penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengatasinya, makan lebih banyak unggas, salmon, tuna, telur, tiram, kerang, tomat kering, kacang tanah dan kacang-kacangan. Penyerapan zat besi bisa ditingkatkan dengan vitamin C yang juga membantu melawan infeksi.

2. Wajah ruam, memerah dan terkadang disertai rambut rontok

Gangguan ini menandakan kekurangan Biotin (vitamin B7) yang dikenal sebagai vitamin rambut. Tubuh bisa menyimpan vitamin yang larut lemak (A, D, E, K), namun tidak menyimpan vitamin B yang mudah larut dalam air. Memakan telur mentah akan membuat rentan karena protein di dalamnya menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap biotin.

Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi telur yang sudah dimasak, salmon, alpukat, jamur, kembang kol, kedelai, kacang-kacangan, raspberry dan pisang.

3. Benjolan mirip jerawat berwarna merah atau putih, biasanya di pipi, lengan, paha dan pantat

Gejala ini disebabkan oleh kekurangan asam lemak esensial serta vitamin A dan D.

Untuk mengatasinya, kurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, tapi perbanyak lemak sehat. Tambahkan lebih banyak salmon dan sarden, kacang-kacangan seperti kenari dan almond dan biji-bijian. Untuk vitamin A, makanlah sayuran hijau dan sayuran berwarna-warni seperti wortel, ubi jalar dan paprika merah.

4. Kesemutan dan mati rasa di tangan, kaki, atau di tempat lain

Kondisi ini bisa disebabkan karena defisiensi vitamin B seperti folat (B9), B6 dan B12. Masalah ini berkaitan langsung dengan saraf perifer yang berakhir di kulit. Gejala-gejala ini dapat dikombinasikan dengan kecemasan, depresi, anemia, kelelahan dan ketidakseimbangan hormon.

Untuk mengatasinya, makanlah bayam, asparagus, kacang-kacangan, telur, gurita, kerang, kerang, tiram dan unggas.

5. Otot kram, sakit menusuk di jari kaki, betis dan punggung kaki

Gangguan ini muncul disebabkan kekurangan magnesium, kalsium dan kalium. Sering berolaharga keras dapat juga membuat tubuh kehilangan banyak mineral (vitamin B dan larut dalam air) melalui keringat.

Untuk mengobatinya, makanlah lebih banyak pisang, almond, hazelnut, labu, ceri, apel, jeruk, brokoli, bok choy dan sayur berdaun hijau gelap seperti kale, bayam dan dandelion.


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: 5 GEJALA TAK BIASA TANDA TUBUH PERLU VITAMIN
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/05/5-gejala-tak-biasa-tanda-tubuh-perlu.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...