Sunday, May 19, 2013

10 PERILAKU PENYEBAB TIMBULNYA GIGI SENSITIF

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Gigi sensitif10 PERILAKU PENYEBAB TIMBULNYA GIGI SENSITIF. Mengalami gigi sensitif tentu saja amat mengganggu. Apapun yang kita makan, terutama makanan yang panas, dingin, asam, dan manis akan menimbulkan rasa ngilu yang tajam sesaat pada gigi. Hal ni tentu saja mengurangi kenikmatan kita dalam menikmati makanan. Lihat juga WASPADA BAKTERI 'TINJA' DI KOLAM RENANG, LAKUKAN 8 LANGKAH INI SEBELUM BERENANG

Gigi menjadi sensitif ketika lapisan terluarnya yakni enamel mengalami penipisan. Akibatnya, lapisan dentin yang berhubungan langsung dengan serabut saraf akan bersinggungan dengan rangsang tajam dari makanan atau minuman yang rasa atau suhunya ekstrem.

Berikut penyebab yang menimbulkan gigi sensitif:

1. Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi dengan terlalu kuat bukan berarti membuat gigi lantas makin bersih. Menyikat gigi yang terlalu keras dapat mengurangi email gigi.

2. Mengkonsumsi asam yang berlebihan

Asam juga bisa merusak lapisan email gigi. Sama dengan menyikat gigi keras-keras, lapisan email yang terkikis akan membuat dentin terbuka. Karena lapisan itu memiliki jutaan saluran kecil menuju syaraf, jika ia terbuka akan menimbulkan rasa ngilu yang menusuk.

3. Kebiasaan gigi bergemeletuk

Sebagian orang ada yang memiliki kebiasaan tak sadar, sering menggemeletukkan gigi. Gesekan gigi itu ternyata juga bisa merusak lapisan email. Dengan demikian, dentin yang terbuka menyebabkan rangsangan pada syaraf. Seperti dua penyebab lain, itu pun membuat gigi terasa ngilu sesaat.

4. Gigi retak.

Gigi patah atau retak dapat menyebabkan sensitivitas gigi. Dokter gigi bisa memberi saran terbaik untuk mengobatinya. Jadi, jangan diobati sendiri ya!

5. Ada pembusukan di sekitar tepi tambalan.

Seiring bertambahnya usia, bakteri akan mudah menumpuk di celah-celah kecil gigi Anda. Kasus pembusukan tambalan sering terjadi pada penderita gigi sensitif.

6. Pasta gigi pemutih.

Produsen pasta gigi biasanya menambahkan bahan kimia untuk formula pasta pemutih mereka. Jika pasta gigi ini menjadi penyebab gigi sensitif, segera beralih ke pasta gigi lainnya.

7. Pecandu obat kumur.

Seperti halnya pasta gigi pemutih, obat kumur juga mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya. Itulah yang membuat gigi lebih sensitif, terutama jika dentin terbuka.

8. Penyakit gusi.

Masalah gusi bisa jadi penyebab gigi sensitif pada orang usia lanjut. Penyakit gusi semakin parah seiring bertambahnya usia. Maka, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter tentang prosedur pengobatan terbaik.

9. Plak yang berlebihan.

Tujuan dari menyikat gigi adalah menghilangkan plak yang terbentuk setelah makan. Penumpukan plak dapat menghilangkan email gigi, yang berarti gigi menjadi lebih sensitif. Solusinya, kunjungi dokter gigi untuk melakukan pembersihan plak setiap enam bulan sekali.

10. Prosedur perawatan gigi.

Perawatan gigi yang Anda lakukan di dokter membuat gigi jadi sensitif. Ini hanyalah efek sementara dari perawatan gigi Anda. Namun, jika sakit atau ngilu tidak juga hilang, konsultasikan dengan dokter gigi Anda.



Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: 10 PERILAKU PENYEBAB TIMBULNYA GIGI SENSITIF
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/05/10-perilaku-penyebab-timbulnya-gigi.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...