Wednesday, June 5, 2013

5 CARA MUDAH MENGONTROL NAFSU MAKAN

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Nafsu makan tidak terkontrol menyebabkan timbulnya bermacam penyakit yang diakibatkan obesitas5 CARA MUDAH MENGONTROL NAFSU MAKAN. Mengontrol nafsu makan saat sedang menjalani diet atau pun menjalani hidup sehat memang gampang-gampang susah. Seringkali kita tidak dapat menahan diri mengkonsumsi camilan di sela-sela waktu makan siang atau malam, yang sebenarnya kurang berguna dan hanya akan menggagalkan program diet sehat. Lihat juga 10 CARA MENDETEKSI ANAK KIDAL

Nafsu makan tidak terkontrol menyebabkan timbulnya bermacam penyakit yang diakibatkan obesitas. Jika Anda memiliki nafsu makan yang tidak terkontrol, maka cobalah untuk menjalani kiat berikut ini.

1. Jangan lewatkan waktu makan
Menurut ahli gizi dari Hackensack University Medical Center, Susan Kraus, melewatkan makan hanya akan menambah nafsu makan. Sebaliknya, mencegah makan berlebih dapat dilakukan dengan cara memilih makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Hal ini akan menyebabkan tubuh kenyang lebih lama dan gula darah tetap stabil.

2. Kenali pemicu rasa lapar
Dengan mengenali pemicu nafsu makan tak terkontrol, maka Anda bisa mencoba menghindarinya. Cara mengenali penyebab nafsu makan selalu besar, antara lain, dengan membuat daftar makanan yang dimakan dalam seminggu, sekaligus rekam mood, kejadian yang membuat stres, dan seberapa lapar Anda sebelum memulai makan.

Jika merasa lapar dan ingin mengonsumsi kudapan manis sebagai camilan, padahal baru saja makan sejam yang lalu, artinya tubuh Anda tidak benar-benar merasa lapar

3. Tunggu
Saat stres, kita cenderung untuk memiliki nafsu makan tinggi dan tidak terkontrol. Maka, jangan turuti keinginan untuk makan saat stres. Ketika keinginan makan muncul, tunggulah sekitar 20 menit. Kemungkinan nafsu makan akan mereda.

4. Minum
Hipotalamus, bagian otak yang mengontrol mood dan rasa lapar, mengartikan rasa haus layaknya lapar. Maka, memuaskan rasa haus dengan minum juga akan menekan keinginan kita untuk makan. Namun, sebaiknya Anda memilih minuman tanpa gula tambahan.

5. Alihkan
Jika yang Anda butuhkan adalah gerakan mulut untuk membuat rasa kenyang, pilihlah permen karet bebas gula. Penelitian asal Australia menunjukkan, orang yang hobi mengunyah permen karet memiliki hormon stres 16 persen lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak.


Artikel Selebriti dan Info Sehat Lainnya:

Judul Posting: 5 CARA MUDAH MENGONTROL NAFSU MAKAN
Link Posting: http://selebriti-sehat.blogspot.com/2013/06/5-cara-mudah-mengontrol-nafsu-makan.html
Rating: 100% based on 99999 ratings. 100 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...